Bagaimana Cara Memulai Bisnis Dropshipping?

start-a-drop-shipping-business

Pernah mendengar istilah bisnis dropshipping? Ini adalah metode bisnis yang menghasilkan win-win solution bagi mitra bisnis dan para produsen. Dropshipping adalah sistem bisnis online yang banyak digemari oleh para pelaku bisnis karena hanya diharuskan mengeluarkan modal kecil atau bahkan tanpa modal alias menjalankan bisnis secara gratis.

Konsep dan Sistem Bisnis Dropship

Bagaimana sistem dropshipping? Sebagai contoh, Pak Ujang adalah seorang produsen karpet yang berlokasi di Bandung. Sedangkan Handi adalah seorang pebisnis online yang tinggal di Medan. Handi mengenal pak Ujang yang notabene merupakan produsen karpet besar dan terkenal. Sehingga, ia berniat menjadi seorang dropshipper terhadap barang pak Ujang.

Pak Ujang setuju dan memperbolehkan Handi menawarkan produknya melalui blog milik Handi sendiri. harga karpet setiap meter adalah 50 ribu rupiah, dan Handi menawarkannya dengan harga 75 ribu rupiah. Ketika ada deal transaksi 10 meter karpet antara Handi dan konsumen, maka Handi segera mentransfer uang ke pak Ujang sebesar 50 ribu x 10 meter = 500 ribu rupiah.

Dari transaksi tersebut, Handi memperoleh keuntungan 250 ribu rupiah bukan? karena ia menjual karpetnya seharga 75 ribu per meter. Sedangkan, proses pengiriman karpet akan dilakukan oleh pak Ujang sesuai dengan alamat konsumen yang dberikan oleh Handi. Jadi, intinya bisnis dropshipping itu hanya membantu penjualan, dan bisa dilakukan tanpa modal. Bagaimana cara memulai bisnis dropshipping? Simak disini.

Cari Informasi di Banyak Toko Online dan Marketplace

Anda ingin berjualan apa? Jilbab, elektronik, dompet, atau aksesoris sepeda motor? Tentukan pilihan anda dan cari di toko onlinenya di Google. Bila sudah ketemu, buatlah list atau daftar khusus mengenai alamat toko online tersebut. buat daftar sebanyak-banyaknya, dan kemudian hubungi satu demi satu customer servicenya.

Cari toko online yang memberikan sistem dropship secara gratis. Namun, biasanya anda terlebih dahulu diharuskan untuk membeli barang sebanyak dua atau tiga buah. Kalau sudah ketemu toko online yang cocok, pastikan toko online tersebut terpercaya. Jika ingin mencari produsen dari marketplace, sebaiknya pilih produk di berniaga.com, tokobagus.com, atau kaskus.co.id.

Bagaimana menemukan toko online terpercaya?

Ada beberapa kategori yang harus diperhatikan saat memilih toko online yang terpercaya atau tidak, yaitu:

  • Hindari toko online yang masih mempunyai sub domain, misalnya blogspot.com, atau wordpress.com. sedangkan, pilih yang telah menjadi domain TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, atau .info. lebih bagus lagi jika domain tersebut menggunakan .co.id.
  • Perhatikan desain situs? Berantakan atau simpel. Sebuah situs online terpercaya tidak harus selalu bagus. Namun, biasanya situs tersebut malah simpel dan mempunyai navigasi yang mudah.
  • Kunci ketiga dan merupakan kunci utama adalah penjual. Pastikan anda bisa mengenal baik penjual tersebut melalui nomor handphone, email, ID Messenger seperti YM, Pin BB, atau Whatsapp. Juga, akan lebih baik jika anda bisa mengetahui alamat facebook dan twitter miliknya.

Bagaimana sistem pemasaran produk?

Ada tiga bidang promosi yang anda lakukan secara online, yaitu melalui facebook, website, dan marketplace online. Di facebook, caranya cukup mudah yaitu mempromosikan produk melalui status namun jangan melakukan tagging foto karena itu bisa menganggu konsumen. juga, anda bisa membagikan foto produk di grup-grup facebook dengan jumlah anggota yang cukup banyak.

Untuk website, amat disarankan untuk membuat toko online dengan domain .com, .net. atau .info. mealui website, anda akan dikenal sebagai pedagang online yang lebih professional.

Kemudian, buatlah akun di marketplace seperti tokobagus.com, berniaga.com, dan kaskus.co.id. setelah itu, mulailah buat iklan atau lapak promosinya.

Itulah langkah-langkah dalam cara memulai bisnis dropshipping yang semoga menginspirasi Anda.

lead ke halaman gabung newsletter

purchase valacyclovir “looking for pointers to their likely underlying problem. Our elders”>looking for pointers to their likely underlying problem. Our elders

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 thoughts on “Bagaimana Cara Memulai Bisnis Dropshipping?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *