Cara Membangun Kepercayaan Dalam Bisnis Online

membangun kepercayaan dalam bisnis online

Kepercayaan merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis, termasuk dalam bisnis online. Tanpa adanya rasa percaya, calon pembeli menjadi ragu dan ujung-ujungnya tidak jadi membeli produk kita. Oleh sebab itu, kita perlu membangun kepercayaan. Bagaimana cara membangun kepercayaan dalam bisnis online? Bagaimana cara membangun trust dalam bisnis di internet?

Berikut beberapa tipsnya.

1. Tampilkan Profil dan Alamat Lengkap Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah tampilkan profil dan alamat Anda secara jelas. Bagi Anda para pelaku bisnis toko online, buatlah halaman profil di website/toko Anda. Dalam halaman profil tersebut ceritakan profil toko online Anda, alamat toko Anda, dan profil Anda selaku pemilik toko online.

Tak hanya sekadar mencantumkan profil dan alamat, cantumkan juga kontak Anda di toko online/website. Pastikan calon pembeli ataupun konsumen dapat dengan mudah menghubungi Anda. Semakin mudah mereka menghubungi Anda, maka mereka akan semakin nyaman untuk berbelanja di website/toko Anda.

2. Tampilkan Testimonial

Hadirnya testimonial juga akan meningkatkan kepercayaan calon pembeli terhadap Anda. Testimonial menjadi bukti sosial bahwa layanan/produk yang Anda tawarkan merupakan produk/layanan yang berkualitas. Semakin banyak orang yang puas dan memberikan testimonial maka hal tersebut semakin baik.

Perlu kita ingat selalu bahwa orang-orang mudah ikut-ikut apa yang dilakukan orang lain. Masih ingatkah Anda dengan fenomena batu akik yang sempat begitu populer dan ramai? Hal tersebut terjadi karena masyarakat kita cenderung mudah untuk mengikuti apa yang dilakukan oleh orang lain. Fenomena ikut-ikut ini juga bisa terjadi dalam bisnis online.

Ketika ada bukti sosial bahwa produk/layanan Anda dipakai oleh banyak orang, maka orang lain akan semakin tertarik untuk ikut menggunakan produk Anda. Nah, salah satu bukti bahwa produk Anda dipakai banyak orang adalah adanya testimonial terhadap produk Anda.

Contoh penggunaan testimoni dalam sales letter untuk meyakinkan calon pembeli.
Contoh penggunaan testimoni dalam sales letter untuk meyakinkan calon pembeli.

Oleh sebab itu, guna meningkatkan kepercayaan calon pembeli, selalu tampilkan testimonial dari konsumen setia Anda. Testimonial ini bisa Anda tampilkan di satu halaman khusus di website/toko online Anda. Selain itu, testimonial juga bisa Anda tampilkan di halaman penawaran produk Anda.

3. Tampilkan Profil Perusahaan/Bisnis Anda

Strategi ini dilakukan oleh Garuda Indonesia. Di channel Youtube mereka, Garuda Indonesia sering membagi video-video yang menceritakan tentang profil perusahaan mereka. Tak hanya itu, Garuda Indonesia juga kerap membagi informasi “dibalik layar”, seperti informasi tentang perawatan mesin pesawat mereka, informasi tentang proses pembuatan makanan di pesawat, dan lain sebagainya.

Contoh studi kasus dari Garuda Indonesia yang menampilkan profil dan informasi dibalik layanan mereka.
Contoh studi kasus dari Garuda Indonesia yang menampilkan profil dan informasi dibalik layanan mereka.

Strategi yang sama juga dapat Anda terapkan di bisnis online Anda. Biarkan calon pembeli ataupun konsumen mengetahui dan mengenal bisnis Anda secara lebih mendalam.

4. Tingkatkan Brand Awareness  dengan Menjadikan Website Anda Masuk Halaman Pertama Google

Salah satu strategi lain yang juga dapat Anda coba adalah menjadikan website Anda masuk halaman pertama Google untuk berbagai kata kunci. Ambil contoh, Anda menjual makanan khas Palembang (pempek). Nah, agar toko online Anda semakin dipercaya oleh calon pembeli, Anda bisa membidik beberapa kata kunci yang berkaitan dengan pempek. Contoh kata kunci : jual pempek, jual makanan khas Palembang, beli pempek, jual pempek online, pempek Palembang, dan lain sebagainya.

Andaikan website Anda bisa masuk halaman pertama Google (atau bahkan ranking 1) untuk kata kunci tadi, tentu orang yang ingin membeli pempek secara online pasti akan lebih percaya kepada Anda. Sebab website Anda bisa tampil profesional dengan merajai hasil pencarian Google.

Bagaimana cara menjadikan website bisa masuk halaman pertama Google? Bagaimana cara menjadikan website bisa ranking 1 di Google? Silakan pelajari artikel ini : Cara Menerapkan SEO Agar Website Ranking 1 di Google.

Belajar Iklan Di Facebook 300x250Selain memanfaatkan pencarian Google, Anda juga bisa membangun brand awareness lewat berbagai sosial media, seperti halnya Facebook. Anda bisa mencoba mengiklankan website/produk Anda di Facebook. Targetkan iklan Anda kepada target pasar Anda. Dengan demikian, orang-orang akan lebih mudah ingat dan tahu tentang produk Anda.

Ingin belajar membuat iklan Facebook yang efektif dan tertarget? Ingin menjadikan Facebook sebagai sarana meningkatkan omzet bisnis online Anda? Silakan kunjungi dan belajar di: www.BelajarIklandiFacebook.com.

5. Lakukan Joint Venture dengan Pemain Senior/Pemain Lain

Joint venture adalah kegiatan bekerja sama yang Anda lakukan dengan pihak lain. Joint venture termasuk salah satu strategi unggulan dalam bisnis online. Ambil contoh Anda adalah seorang penulis buku investasi, nah Anda bisa melakukan joint venture dengan seorang penulis buku marketing. Manfaat yang didapat bila kita melakukan kegiatan joint venture adalah kita bisa dikenal lebih banyak orang. Pengikut penulis buku marketing tadi bisa saja tahu tentang Anda dan pengikut Anda bisa tahu tentang penulis buku marketing tadi.

Joint venture biasanya menimbulkan simbiosis mutualisme bagi pihak yang terlibat di dalamnya. Contoh joint venture dalam bisnis online misalnya : Anda bekerja sama dengan seorang pebisnis online lain untuk membangun sebuah website. Nah, nanti profit dari website tersebut akan dibagi sesuai dengan kesepakatan yang sudah dibuat di awal.

Ketika Anda bisa bekerja sama dengan pebisnis internet yang sudah dikenal, maka reputasi Anda juga akan meningkat. Oleh karena itu, Anda juga bisa mencoba strategi joint venture guna meningkatkan reputasi Anda. Semakin baik reputasi Anda, maka orang-orang akan semakin percaya pada Anda.

membangun kepercayaan dalam bisnis online
sumber gambar : http://blog.ketchum.com

Itulah 5 strategi dan cara membangun kepercayaan dalam bisnis online. Ingat, kepercayaan tidak dibangun dalam waktu singkat. Kepercayaan dibangun melalui proses dan akan terus diuji sepanjang waktu bergulir. Jangan pernah menyia-nyiakan kepercayaan yang sudah kita dapatkan.

Salam Pembelajar,

CaraMemulaiBisnis.info.

lead ke halaman gabung newsletter

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 thoughts on “Cara Membangun Kepercayaan Dalam Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *