Cara Memulai Bisnis Bimbingan Belajar

images

Anda tentu saja telah mengerti bagaimana cara memulai bisnis bimbingan belajar, karena ini adalah sebuah konsep simpel dan tidak terlalu rumit. Namun, dengan membaca artikel ini, kami mengharapkan Anda bisa menambah wawasan mengenai sistem usaha bimbingan belajar. Artikel yang kami buat ini, juga sangat cocok dibaca dan dipraktikkan oleh Anda yang baru saja memulai sebuah usaha terutama berkategori bimbel. Kemudian, bagaimana cara memulai bisnis bimbingan belajar? Kami memberikan langkah konkretnya disini, dan didasarkan pada pengalaman seorang pebisnis bimbel yang sukses.

Membangun brand atau take over brand?

Dalam bisnis bimbingan belajar, Anda mempunyai dua pilihan utama yaitu membangun sebuah bimbel dari awal seperti yang dilakukan oleh bos Primagama, Purdi E. Chandra atau mencoba melakukan take over bimbel seperti yang dilakukan oleh pemilik Bintang Solusi Mandiri, Hamzah Izzulhaq.

Purdi E. Chandra dan Hamzah Izzulhaq merupakan dua pebisnis besar yang melakukan usahanya dengan modal pikiran dan hati. Bedanya, Purdi membangun Primagama mulai dari awal dan semuanya dilakukan dengan kapasitas yang kecil. Bersama temannya, ia membuka kursus kemudian banting tulang membangun brandnya sendiri.

Bedanya Hamzah Izzulhaq ingin melakukan percepatan bisnis, sehingga ia melakukan take over sebuah bimbel yang akan dijual. Bimbel tersebut sudah sukses, oleh karena itu dia berani mengambil risiko berhutang kepada ayahnya sebesar 70 juta rupiah untuk melakukan take over.

Anda pilih yang mana? Keduanya sama-sama sukses. Jika berani mengambil hutang dalam jumlah besar, ikuti apa yang dilakukan oleh Hamzah. Akan tetapi, jika Anda mempunyai kemampuan mengajar yang cukup baik, umur yang cukup, pendidikan, dan minat dalam mengajar, maka bangunlah brand dari awal karena Anda memang mempunyai kapasitasnya.

Lokasi bimbel

Jika Anda memang ingin mempunyai sebuah bimbel, maka penetuan lokasi juga harus tepat. Lokasi yang tepat tentu saja berada di dua kategori yaitu perkotaan atau lingkungan pendidikan. Gedung bimbel yang Anda miliki tidak harus besar dan kemudian mewah. Namun, Anda bisa mempunyai sebuah bimbel sederhana bahkan dengan tempat belajar seadanya. Tentu saja ini dilakukan pada saat awal membangun brand. Satu kata yang pasti adalah Anda segera action tanpa harus banyak berteori. Saya pernah melihat seseorang yang mulai membangun bimbel dengan menyewa lokasi sekolah dasar. Jadi, ketika anak SD belajar di pagi hari, ia kemudian menyewa tempat tersebut di sore hari. Setelah siswa terkumpul banyak dan bimbelnya mulai besar, maka sang guru tersebut baru menentukan lokasi yang permanen.

Sistem pemasaran bimbel

Mungkin cara memulai bisnis bimbingan belajar dengan take over yang dilakukan Hamzah tidak terlalu harus berjibaku dengan pemasaran. Karena, bimbel yang ia miliki telah begitu terkenal. Namun, Anda tentu harus bersusah payah melakukan promosi apabila ingin membangun brand dari awal. Cobalah untuk mempromosikan melalui website, dan kemudian menyebarkan pamphlet sederhana ke sekolah-sekolah.

Membuat website untuk melakukan promosi tidaklah terlalu sulit, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website atau membeli panduan membuat blog professional dengan harga yang terjangkau. Kemudian, selipkan juga Ebook gratis sebagai alat promosi yang berisikan penjelasan mengenai sistem bimbingan belajar Anda.

Pengorganisasian kerja karyawan

Jika ingin bimbel Anda besar, maka mempekerjakan karyawan atau guru adalah suatu keharusan. Guru yang professional atau tidak, akan sangat menentukan apakah bimbel Anda berjalan dengan baik atau malah sebaliknya. Kami pernah menjumpai sebuah bimbel yang gurunya banyak tidak mengerti tentang materi pembelajaran, cenderung tidak ingin berusaha, dan kemudian siswa merasa tidak puas. Anda tidak harus memecat guru apabila ada kejadian tersebut. Caranya, buatlah sebuah kotak saran khusus klien (siswa) dimana mereka bebas mengungkapkan isi hati yang berkaitan dengan servis bimbel tersebut.

Setiap minggu lakukan rapat yang wajib dihadiri oleh seluruh karyawan dan kemudian Anda memberikan masukan, kritik, dan penekanan untuk meningkatkan kualitas pada karyawan yang tidak tertib tersebut.

lead ke halaman gabung newsletter

buy accutane “talk to the patient and obtain a history and then carry out a physical examination”>talk to the patient and obtain a history and then carry out a physical examination

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

4 thoughts on “Cara Memulai Bisnis Bimbingan Belajar

  1. Terima kasih. Dengan begini saya punya wawasan baru. Kalu tidak keberatan mintak saran pembuatan pamphlet yang bisa menarik banyak calon murid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *