Cara Memulai Bisnis Budidaya Ikan Lele

budidaya-ikan-lele

Budidaya ikan lele merupakan sebuah bisnis yang sejak dulu sudah diminati oleh banyak orang. Seperti yang kita kenal, bahwa ikan lele merupakan sebuah ikan yang sangat mudah untuk dipelihara dan membuat Anda tidak terlalu sulit dalam mengelolanya. Juga, sudah banyak pebisnis yang meraih sukses karena bisnis ikan lele yang mereka jalankan, dan bukan tidak mungkin Anda juga turut menjadi seorang jutawan akibat perkembangan bisnis ikan lele yang ada.

Detail langkah budidaya ikan lele

Disini, kami akan memberikan sebuah langkah khusus mengenai cara memulai bisnis budidaya ikan lele yang bias dilakukan dengan mudah dan hanya membutuhkan modal kecil. Oke, langsung saja kita ke bagian ide pokok artikel ini mengenai langkah-langkah budidaya ikan lele.

Persiapan bibit ikan lele

Carilah tempat penjualan bibit ikan lele yang terpercaya dan kesemuanya merupakan bibit asli ikan lele. Minta informasi kepada banyak orang yang pernah membeli ikan lele dan kemudian dapatkan penjual yang terekomendasi. Biasanya, jika Anda salah memilih penjual maka bibit ikan lele yang ada bias diganti dengan bibit kecebong. Siapkan bibit ikan lele sesuai dengan besarnya kolam Anda. Rata-rata, dalam setiap kolam yang berukuran menengah, Anda bisa menyebarkan bibit antara 1000 hingga 2000 ekor.

Persiapan kolam ikan lele

Kolam ikan lele yang ada tidak harus banyak dan beragam. Anda cukup membuat beberapa kolam tanah dengan jumlah antara 3 hingga 4 buah. Namun, jika Anda ingin mengurangi risiko banjir dan kehilangan ikan, maka kolam dengan bangunan semen berukuran tinggi 1,5 meter dan panjang 4 meter sudah cukup untuk membuat satu bagian kolam ikan lele.

Penyebaran bibit ikan lele

Bibit ikan lele yang ada disebarkan ke dalam kolam dengan cara yang amat hati-hati dan jangan sekaligus. Sebaiknya, Anda menebarkan benih dengan cara sedikit demi sedikit sehingga benih yang ada mampu berkembang dengan baik dan tidak stres. Sebarkan secara bertahap dengan cara mengambil satu gayung ikan lele, taruh pelan-pelan, ambil lagi satu gayung ikan lele, dan kemudian taruh dengan pelan-pelan. Lakukan hingga bibit ikan habis dan Anda akan menemukan ikan lele yang sehat dan terhindar dari kecenderungan stres.

Pemberian makan ikan lele

Ikan lele diberi makan dengan pelet atau makanan khusus ikan. Makanan yang diberikan dilakukan pada dua kali sehari di saat pagi dan sore. Pemberian makan harus dilakukan dengan teratur agar ikan mampu berkembang dengan baik. Untuk meminimalisir biaya produksi, Anda bisa memberikan beragam makanan lain seperti keong mas dan cacing.

Pengembangbiakan ikan lele

Ikan lele yang telah dewasa bisa segera dikembangbiakkan dan Anda memperoleh bibit baru untuk diternakkan pada periode selanjutnya. Caranya dengan mengambil ikan lele indukan jantan dan betina. Kemudian ambil sperma dan ovumnya. Terapkan pemijahan antara sel telur dan sperma di dalam kolam khusus disebut sebagai kolam pemijahan.

Pemanenan ikan lele

Pemanenan ikan lele dapat dilakukan secara fleksibel namun biasanya pada usia 10 bulan, maka ikan lele sudah dapat dipanen. Sejatinya, pemanenan ikan lele dapat dilakukan dengan mudah, namun yang harus diperhatikan adalah bagaimana ikan lele mampu menghasilkan uang yang lebih besar.

Saat ini telah berkembang banyak panganan yang terbuat dari ikan lele dan tentu saja dapat dijadikan sebagai penaik omset para pengusaha ikan lele. Beberapa panganan tersebut antara lain adalah abon lele, pecel lele, keripik lele, serta beragam panganan lain.

Itulah beberapa hal penting yang bisa Anda lakukan dalam cara budidaya lele dan segera praktikkan sekarang juga.

lead ke halaman gabung newsletter

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 thoughts on “Cara Memulai Bisnis Budidaya Ikan Lele

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>