Inilah Cara Mendapatkan Passive Income dari Toko Online

passive income word cloud

Mendapatkan passive income merupakan salah satu impian banyak orang. Ketika kita berhasil mendapatkan passive income,  kita mendapatkan penghasilan yang terus mengalir kendati kita sedang tidak bekerja. Tak heran, semakin hari semakin banyak orang yang berlomba-lomba untuk menggapai dan memiliki profesi yang bisa menjanjikan passive income. Cara mendapatkan passive income akan kita bahas di artikel berikut.

Bisnis internet termasuk salah satu bisnis yang memiliki potensi passive income. Bisnis internet bisa berjalan 24 jam, 7 hari seminggu dan pastinya bisa berjalan otomatis. Berjalan otomatis artinya bisnis tersebut bisa tetap berjalan kendati kita (pemiliknya) sedang tidak bekerja. Entah itu sedang tidur, sedang liburan, atau sedang sakit sekalipun.

Dari sekian banyak model bisnis internet yang tersedia, salah satu model bisnis yang paling populer adalah model bisnis e-commerce (perdagangan di internet). Salah satu bentuk bisnis e-commerce yang kian menjamur di Indonesia adalah bisnis toko online. Lantas, apakah bisa toko online dijadikan sebagai sumber passive income? Tentu saja bisa.

Bagaimana cara menjadikan toko online sebagai passive income? Temukan pembahasan selangkapnya di artikel berikut.

Ada 4 langkah yang perlu Anda lakukan apabila ingin menjadikan toko online sebagai sumber passive income. Empat langkah tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Bangun Sistem Pemesanan Via Website/Toko Online

Agar toko online Anda bisa menjadi sumber passive income, toko online Anda haruslah berjalan secara otomatis dan kalau bisa tanpa campur tangan Anda. Ketika toko online sudah berjalan secara otomatis, maka Anda tidak harus selalu turut campur dalam proses kerja toko online. Dengan demikian, tanpa kehadiran Anda pun toko online bisa tetap berjalan.

Salah satu sistem yang harus dibangun agar toko online Anda dapat berjalan secara otomatis adalah sistem pemesanan via website/toko online. Ketika toko online Anda memiliki sistem ini,  pembeli dapat melakukan pemesanan via website. Mereka tinggal mendaftar di web Anda, menuliskan pesanan mereka, dan kemudian mereka tinggal mengirim data pesanan tersebut. Semua proses ini dapat berjalan secara otomatis.

Pastikan di website Anda sudah tersedia fitur perhitungan ongkos kirim otomatis. Hadirnya fitur ini akan memudahkan pembeli untuk langsung mengetahui berapa ongkos kirim produk yang mereka pesan. Untuk membangun toko online yang mendukung fitur otomatisasi semacam ini, Anda dapat menggunakan aplikasi toko online Virtuemart, Open Cart, Prestashop ataupun WordPress dengan dukungan plugin WooCommerce.

2. Siapkan Customer Service

Ilustrasi customer service (sumber gambar : marcraft.com).
Ilustrasi customer service (sumber gambar : marcraft.com).

Agar toko online bisa beroperasi tanpa campur tangan Anda, pastikan Anda memiliki customer service. Customer service bertugas untuk melayani pembeli. Jika calon pembeli produk Anda mengajukan pertanyaan, maka mereka tinggal menghubungi customer service Anda. Customer service inilah yang nantinya akan menjawab pertanyaan calon pembeli. Ketika Anda sudah mempekerjakan customer service maka toko online siap berjalan otomatis tanpa perlu Anda terlibat secara terus menerus.

3. Posting Produk Secara Berkala

Toko online juga senantiasa harus diperbarui. Untuk itu, pastikan Anda memperbarui toko online secara berkala. Jika Anda punya produk baru maka tambahkanlah produk tersebut ke toko online Anda. Kegiatan memosting produk ini dapat Anda lakukan secara berkala. Misalkan dalam seminggu Anda punya waktu luang di hari Jumat dan Sabtu. Nah, manfaatkanlah dua hari tadi untuk kegiatan pengelolaan toko online Anda, termasuk di dalamnya kegiatan memposting produk ke toko online.
Di luar hari kerja tadi, usahakan toko online Anda dapat berjalan secara otomatis tanpa campur tangan Anda.

Jika Anda ingin “betul-betul lepas tangan” terhadap operasional toko online maka pekerjakanlah orang-orang untuk menangani operasional toko online.

4. Bangun Sumber Trafik yang Dapat Berjalan Secara Otomatis

Apa itu sumber trafik?
Sumber trafik adalah tempat yang menjadi sumber pengunjung website/toko online Anda. Contoh, Anda mempromosikan toko online Anda di Facebook, lalu pembeli datang dari Facebook. Nah, dalam hal ini, Facebook sudah menjadi sumber trafik (traffic sources) dari website/toko online Anda.

Ada beragam sumber trafik dalam bisnis online.

Agar toko online Anda bisa kedatangan pembeli secara terus menerus, maka Anda perlu memanfaatkan sumber trafik yang dapat bekerja secara otomatis tanpa campur tangan Anda. Dengan kata lain, Anda tidak perlu repot-repot promosi tapi pengunjung datang terus ke toko online Anda.

Lantas, adakah sumber trafik yang bisa bekerja secara otomatis tanpa campur tangan Anda?

Ada. Sumber trafik yang dapat bekerja secara otomatis antara lain :

  • Google (mesin pencari). Ketika website/toko online Anda masuk halaman pertama pencarian Google, maka orang-orang akan terus berdatangan ke toko/website Anda. Ketika web Anda masuk halaman pertama Google, itu berarti website Anda mudah untuk ditemukan oleh orang-orang.
    Oleh sebab itu, pastikan toko online Anda sudah masuk halaman pertama Google. Syukur-syukur toko online/web Anda bisa ranking 1 di Google. Langkah demi langkah menjadikan toko online Anda masuk halaman pertama Google dapat Anda pelajari di artikel berikut : Cara Menerapkan SEO Agar Web Ranking 1 di Google.
  • Facebook Ads. Belajar Iklan Di Facebook 250x250Facebook Ads merupakan program periklanan yang disediakan oleh Facebook untuk mereka yang mau beriklan di Facebook. Nah, Facebook Ads ini dapat berjalan secara otomatis. Anda cukup membuat iklan di Facebook, siapkan budget (anggaran) untuk iklan tersebut, maka iklan Anda dapat berjalan secara otomatis. Anda dapat menggunakan Facebook Ads untuk mengiklankan toko online Anda. Ketika iklan Anda sudah berjalan maka secara otomatis orang-orang dapat mengunjungi toko Anda.Dengan demikian, tanpa perlu repot-repot memposting promosi di Facebook, calon pembeli akan tetap berdatangan ke toko Anda. Bagi Anda yang mau belajar Facebook Ads atau ingin dipandu langkah demi langkah membuat iklan di Facebook, silakan belajar di situs www.BelajarIklandiFacebook.com.
  • Google Adwords. Google Adwords merupakan program periklanan yang disedikan oleh Google untuk mereka yang mau beriklan pada hasil pencarian Google. Sama halnya dengan Facebook Ads, Google Adwords juga dapat bekerja secara otomatis tanpa perlu campur tangan Anda. Untuk memasang iklan Google Adwords, Anda harus memiliki akun Google Adwords. Metode pembayaran iklan Google Adwords adalah kartu kredit.Langkah-langkah mendaftar akun Google Adwords dapat Anda pelajari di video berikut.
Contoh iklan Google Adwords
Contoh iklan Google Adwords

  • Panduan lengkap belajar beriklan di Google Adwords dapat Anda pelajari di situs ini : Tutorial Adwords.

Itulah 4 cara menjadikan toko online Anda dapat berjalan secara otomatis tanpa campur tangan Anda. Ketika toko online Anda dapat berjalan secara otomatis maka dapat dipastikan toko online tersebut bisa menjadi sumber passive income Anda.

Salam Pembelajar,

CaraMemulaiBisnis.info

——————–

Mau mendapatkan passive income dari bisnis kursus online? Klik gambar banner di bawah ini.

Passive Income Dari Bisnis Kursus Online 728x90

lead ke halaman gabung newsletter

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

One thought on “Inilah Cara Mendapatkan Passive Income dari Toko Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *