Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

youtube

YouTube merupakan salah satu situs sosial media yang paling banyak digunakan saat ini. Hampir semua pengguna internet pasti tahu tentang YouTube. Seiring dengan semakin populernya YouTube, tentu saja sangat menarik apabila YouTube dapat kita jadikan sebagai salah satu sumber uang/income.

Bagaimana cara menjadikan YouTube sebagai sumber pendapatan kita? Bagaimana cara supaya YouTube dapat kita gunakan untuk menghasilkan uang?

Di artikel ini, kami akan mengulas bagaimana cara menghasilkan uang dari YouTube. Tak hanya itu, kami juga akan mengulas langkah-langkah seperti apa yang perlu dilakukan agar bisa menghasilkan uang dengan YouTube.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dengan YouTube?

Ada beberapa cara menjadikan YouTube sebagai sumber income Anda. Cara-cara menghasilkan uang dengan YouTube antara lain :

  • Menjadi YouTubers, lalu bekerja sama dengan sponsor. YouTubers adalah orang yang punya channel di YouTube, lalu menjadikan channel tersebut sebagai sarana memublikasikan konten-konten (video) menarik dan punya nilai jual. Contoh YouTubers misalnya : Raditya Dika, Sacha Stevenson, Kevin Anggara, dan masih banyak lagi. Nah, ketika kita menjadi seorang YouTubers, lalu banyak orang yang menjadi penyuka channel kita, maka kita bisa bekerja sama dengan perusahaan lain. Perusahaan-perusahaan lain tadi dapat menjadi sponsor kita. Dari dana sponsor itulah, kita bisa mendapatkan pendapatan.
  • Memanfaatkan YouTube untuk memasarkan produk-produk kita. Tak hanya dapat digunakan untuk menjadi sarana hiburan, YouTube juga bisa dijadikan sebagai sarana marketing. Termasuk, YouTube juga dapat digunakan untuk memasarkan produk-produk kita. Contoh pemanfaatan YouTube sebagai sarana pemasaran produk dapat dilihat di video berikut. Perhatikan baik-baik video ini maka Anda akan menjumpai di mana letak promosi produknya.

Itulah dua cara utama dalam menghasilkan uang melalui YouTube. Lantas, bagaimana langkah-langkah supaya kita bisa menghasilkan uang dari YouTube?

Ini dia langkah-langkahnya.

1. Buatlah Akun Youtube, Buat Juga Channel YouTube.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah buatlah sebuah channel di YouTube. Anda harus punya channel agar Anda dapat memublikasikan video-video Anda. Buatlah sebuah channel yang topiknya Anda sukai. Contoh Anda menyukai fotografi, buatlah channel yang topiknya seputar fotografi. Anda perlu membuat channel yang topiknya Anda sukai agar nantinya Anda bersemangat untuk membuat video-video guna diunggah di channel Anda.

Berikut beberapa sumber ide untuk channel YouTube Anda.

  • Hobi Anda. Anda bisa mulai dengan hobi. Kalau Anda hobi dengan dunia kucing, buatlah channel yang nantinya berisi tentang dunia kucing.
  • Buku yang Anda baca. Contoh, Anda membaca banyak buku tentang marketing. Kemudian, Anda memiliki banyak gagasan seputar marketing untuk dibagikan. Nah, silakan bagikan gagasan marketing Anda tadi lewat channel YouTube Anda.
  • Pekerjaan Anda. Ambil contoh profesi Anda adalah seorang dokter. Saat berprofesi sebagai seorang dokter, Anda menjumpai banyak keluhan pasien. Seperti misalkan : “mengapa anak mereka mudah terkena flu?”. Nah pertanyaan-pertanyaan/keluhan pasien tadi yang dapat Anda jawab lewat video. Selanjutnya, video tersebut Anda publikasikan di channel YouTube Anda.

2. Isi Channel YouTube Anda dengan Konten yang Bermanfaat dan Menarik

Setelah Anda membuat sebuah channel di Youtube, maka buatlah video-video yang nantinya akan Anda unggah ke Youtube. Video yang Anda buat bisa berupa video-video lucu, video edukasi, video musik, ataupun berbagai jenis video lain yang berhubungan dengan topik channel Anda.

Ada dua jenis video yang bisa Anda buat.

  • Video presentasi langsung. Contoh video presentasi langsung misalnya seperti pada gambar berikut. Pada video presentasi langsung, Anda akan tampil di depan kamera dan wajah Anda akan terlihat dalam video.
Contoh video presentasi langsung.
Contoh video presentasi langsung.
  • Video presentasi layar komputer. Berbeda dengan video presentasi langsung, pada video presentasi layar komputer, Anda hanya menampilkan aktivitas layar komputer Anda. Video jenis ini jauh lebih mudah untuk dibuat. Contoh video presentasi layar komputer bisa Anda lihat pada video yang tadi kami tunjukkan di awal artikel.

Untuk membuat video presentasi langsung, Anda membutuhkan perlengkapan dan perlatan seperti kamera (bisa pakai kamera DSLR), tripod, mic, dan aplikasi editing video.

Sedangkan untuk video presentasi layar komputer, Anda hanya memerlukan software perekam aktivitas layar komputer, software editing video, dan mic untuk membantu merekam suara Anda. Salah satu software gratis yang dapat Anda gunakan untuk membuat video presentasi layar komputer adalah Active Presenter.

Panduan lengkap membuat video dan editing video dengan aplikasi Active Presenter dapat Anda pelajari di web : www.BisnisKursusOnline.com.

Andaikan Anda sudah berhasil membuat berbagai video. Selanjutnya, video tersebut tinggal Anda unggah ke channel YouTube Anda. Semakin banyak video yang tersedia di channel Youtube Anda, semakin banyak pula konten yang dapat dinikmati oleh pelanggan channel YouTube Anda.

3. Tingkatkan Popularitas Channel Anda

Anda juga perlu meningkatkan popularitas channel YouTube Anda. Semakin populer channel YouTube Anda, maka semakin banyak orang yang akan menonton video Anda. Tak hanya itu, channel YouTube yang populer juga memungkinkan mendapatkan banyak subscriber (pelanggan). Ketika Anda ingin bekerja sama dengan pihak sponsor, channel YouTube Anda harus memiliki banyak subscriber. Semakin banyak subscriber dan penonton video Anda, maka semakin tinggi nilai jual Anda di mata sponsor.

Selain itu, channel Youtube yang memiliki banyak subscriber juga lebih ampuh kalau dipakai untuk promosi. Mengapa? Karena channel yang memiliki banyak subscriber akan ditonton oleh banyak orang.

Untuk meningkatkan popularitas channel YouTube Anda, Anda harus gencar dan rutin mempromosikan channel YouTube Anda.

4. Gunakan Channel Youtube Anda Untuk Mempromosikan Produk/Bekerja Sama dengan Pihak Sponsor

Setelah channel YouTube Anda memiliki banyak pelanggan, lalu video Anda sudah ditonton oleh banyak orang, maka barulah Anda menawarkan diri pada sponsor. Bahkan, ketika channel YouTube Anda sudah sangat populer, tak jarang sponsor yang justru meminta untuk bekerja sama dengan Anda.

Alternatif lain andaikan Anda belum mendapatkan sponsor. Anda bisa bekerja sama dengan pemilik online shop/para pemilik website yang ingin website mereka dipromosikan di video Anda. Anda dapat mengajukan penawaran kerja sama iklan. Tak jarang, cara iniĀ  juga ampuh untuk menghasilkan uang dari channel YouTube yang Anda miliki.

Tak hanya itu, Anda juga dapat menjadikan channel YouTube milik Anda sebagai sarana pemasaran produk-produk Anda. Barangkali Anda punya website, nah website tadi dapat Anda promosikan lewat video-video yang Anda unggah ke YouTube.

Itulah 4 langkah untuk menghasilkan uang dari YouTube. Silakan praktikkan 4 langkah dahsyat menghasilkan uang dari YouTube ini.

Rekomendasi Panduan Lengkap Menghasilkan Uang dari Youtube

Bagi Anda yang ingin belajar lebih dalam tentang YouTube marketing atau belajar tentang bagaimana cara menghasilkan uang dari YouTube, berikut rekomendasi kami.

  • Panduan LENGKAP YouTube marketing : klik di sini.
  • Panduan LENGKAP Menghasilkan Uang dengan Google AdSense dan Clickbank di YouTube : klik di sini.

Passive Income Dari Bisnis Kursus Online 728x90

lead ke halaman gabung newsletter

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 thoughts on “Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *