Cara Melakukan Twitter Marketing Agar Menghasilkan Uang dari Twitter

contoh konten di akun Twitter Starbucks

Twitter merupakan salah satu sosial media yang tengah populer saat ini. Seperti lazimnya sosial media yang tengah populer dan ramai, Twitter juga kerap dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk memasarkan bisnis mereka. Bagaimana cara melakukan Twitter marketing? Mari kita bahas di artikel berikut.

Fungsi Twitter Dalam Marketing

Berikut beberapa fungsi Twitter dalam kegiatan marketing di internet.

1. Twitter Dapat Digunakan Untuk Membangun Komunitas

Bisnis Anda perlu memiliki akun Twitter. Akun Twitter dapat dijadikan sebagai sarana membangun komunitas. Orang-orang yang menyukai website/produk Anda, dapat menjadi followers di Twitter. Selanjutnya, akun Twitter tadi dapat Anda gunakan untuk menyebarkan berita-berita terbaru seputar website/produk Anda. Atau, Anda juga bisa menggunakan akun Twitter untuk membangun interaki dengan followers.

2. Twitter Dapat Digunakan Untuk Menyebarkan Info Event yang Berkaitan dengan Produk/Web Anda

Karena sifatnya yang berupa komunitas, akun Twitter juga dapat Anda gunakan untuk membagikan informasi seputar event-event yang berkaitan dengan produk Anda. Followers akan menyukai event-event yang Anda adakan.

3. Twitter Juga Dapat Digunakan Sebagai Sumber Trafik Webite Anda

Apabila Anda merupakan seorang blogger/ pengelola media online, Anda juga dapat menjadikan akun Twitter sebagai salah satu sarana promosi website Anda. Ketika Anda membagikan konten web ke Twitter, besar kemungkinan followers Anda akan kembali mengunjungi web Anda. Twitter merupakan salah satu sumber trafik yang dapat Anda manfaatkan.

Alur Menghasilkan Uang dari Twitter

Inilah langkah-langkah yang perlu dilakukan agar bisa menghasilkan uang dari akun Twitter.

1. Tentukan Apa Tujuan Anda Melakukan Twitter Marketing

Hal pertama yang harus dilakukan adalah Anda harus menentukan apa yang menjadi tujuan Twitter marketing Anda. Apakah untuk menjadikan Twitter sebagai sumber trafik website Anda? Atau justru Twitter dipakai sebagai sarana membangun interkasi dengan konsumen produk Anda. Brand-brand besar seperti Coca Cola, Starbucks, dan lainnya cenderung memanfaatkan Twitter untuk membangun kedekatan dengan follower mereka.

starbucks

Jika Anda punya bisnis toko online, maka jadikan akun Twitter Anda sebagai sarana membangun interaksi sekaligus sarana promosi produk-produk Anda.

2. Buat Akun Komunitas

Ada dua jenis akun Twitter, yakni akun komunitas dan akun brand. Akun komunitas adalah akun Twitter yang dibuat dengan tujuan mengumpulkan orang-orang yang punya minat khusus ke suatu bidang. Contoh akun komunitas misalnya : akun @KayaDariMenulis. Akun @KayaDariMenulis dibuat dengan tujuan mengumpulkan orang-orang yang punya minat dengan bidang menulis.

Akun komunitas ini sangat bagus untuk dijadikan sebagai sarana membangun interaksi.

Sedangkan akun brand adalah akun yang mengandung brand/merek tertentu. Contoh akun brand misalnya @Starbucks. Akun-akun seperti ini merupakan perwakilan dari sebuah brand yang eksis di Twitter.

Jika diminta memilih, Anda dapat membuat akun komunitas. Mengapa? Karena akun komunitas ini tak hanya dapat digunakan untuk mempromosikan produk Anda. Akun komunitas juga dapat Anda jadikan sebagai akun buzzer. Sebagai seorang buzzer di Twitter, Anda dapat bekerja sama dengan sponsor. Nantinya sponsor akan membayar Anda. Selanjutnya, akun Twitter Anda akan dipakai sebagai sarana menyebarkan pesan-pesan dari sponsor.

3. Perbanyak Jumlah Follower

Jumlah follower memegang peranan yang sangat penting dalam Twitter marketing. Semakin banyak follower Anda maka semakin luas pula jangkauan konten promosi yang Anda sebarkan. Untuk itu, seorang pelaku Twitter marketing juga perlu meningkatkan jumlah follower yang dimiliki akun Twitternya.

4. Mulai Monetisasi Akun Twitter Anda

Setelah akun Twitter Anda memiliki banyak follower (sudah di atas 1000), barulah gunakan akun twitter tersebut untuk monetisasi. Monetisasi akun Twitter dapat dilakukan dengan cara :

  • Menyediakan jasa buzzer. Artinya akun Twitter Anda nantinya dipakai sebagai akun Twitter buzzer. Akun Twitter Anda juga dapat dijadikan sebagai sarana promosi. Semakin banyak jumlah followers, maka biasanyanya harga jasa buzz juga akan semakin mahal. Bagi Anda yang mau belajar panduan langkah demi langkah berbisnis buzzer di Twitter, silakan belajar di situs Dapat Duit dari Twitter.
  • Promosikan produk yang berkaitan dengan topik akun Twitter Anda. Contoh, akun Twitter Anda topiknya seputar fotografi, nah Anda dapat menggunakan akun Twitter tersebut sebagai sarana pemasaran produk-produk fotografi. Baik produk Anda sendiri ataupun produk yang Anda dapatkan dengan cara afiliasi. Keuntungan dari penjualan produk-produk tadilah yang akan menjadi keuntungan Anda.
  • Bekerja samalah dengan sponsor. Ketika akun Twitter Anda punya banyak followers, maka Anda dapat menggunakan akun Twitter tersebut sebagai sarana membangun kerja sama dengan sponsor. Semakin banyak jumlah followers Anda, maka itu akan semakin menarik bagi sponsor. Usahakan Anda mencari sponsor yang produk mereka cocok dengan demografi followers Anda.

Itulah cara menghasilkan uang dari Twitter. Kunci keberhasilan menghasilkan uang dari Twitter ada pada kemampuan Anda membangun akun Twitter yang punya banyak followers. Tak sekadar banyak followers, pastikan akun Twitter Anda juga digemari dan diingat oleh banyak orang.

Passive Income Dari Bisnis Kursus Online 728x90

lead ke halaman gabung newsletter

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *