Inilah Cara Memulai Bisnis Online Afiliasi

cara memulai bisnis online afiliasi

Semakin hari, semakin banyak orang yang ingin terjun ke bisnis online. Tak heran, pencarian kata kunci “cara memulai bisnis online” di Google semakin hari semakin bertambah. Di tulisan kali ini, kita akan membahas mengenai bagaimana cara memulai bisnis online, tepatnya memulai bisnis online di bidang afiliasi.

Apa itu bisnis online afiliasi? Bagaimana potensi bisnis online afiliasi? Bagaimana cara memulai bisnis online afiliasi? Temukan pembahasan menariknya sebentar lagi.

Pengertian Bisnis Online Afiliasi

Pemasaran afiliasi (affiliate marketing) merupakan salah satu bentuk model bisnis online yang banyak dijumpai saat ini. Ketika kita menjadi seorang pemasar afiliasi (affiliate marketer), kita akan membantu pemilik produk untuk memasarkan produk mereka. Lalu, ketika kita berhasil menjual produk tadi kita akan mendapatkan komisi.

Contohnya seperti ini.

Misalkan ada si A, si B, dan si C. Si A merupakan pemilik produk. Si B bertugas untuk memasarkan produk si A. Nah setelah beberapa hari, si A berhasil menjual produk si A kepada si C.

Dengan demikian, sebagai balas jasa, si A akan memberikan komisi untuk si B. Nah, dari komisi itulah si B bisa mendapatkan pemasukan dari bisnis online afiliasi.

Prinsip kerja seorang pemasar afiliasi mirip seperti seorang broker yang menghubungkan antara penjual (pemilik produk) dengan pembeli.

Keunggulan Bisnis Online Afiliasi Dibanding Model Bisnis Online Lainnya

Bisnis online afiliasi punya beberapa keunggulan dibanding jenis bisnis online lainnya. Berikut ini sederet keunggulan bisnis online afiliasi.

  1. Tidak perlu menyimpan stok barang. Ya betul, tugas seorang pemasar afiliasi hanyalah memasarkan produk kepada calon konsumen. Dengan demikian, ia tidak harus mengurus stok barang/produk, ia juga tidak perlu menyimpan barang. Mengapa? Karena tugas pokok seorang pemasar afiliasi adalah memasarkan produk dari vendor (penyedia produk).
  2. Bisa dijalankan paruh waktu. Nah tentu hal ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berbisnis online tetapi punya pekerjaan utama. Karena bisnis online afiliasi mengandalkan pemasaran melalui internet, Anda tidak harus memasarkan produk setiap hari. Anda dapat menggunakan blog, email, jejaring sosial atau website untuk memasarkan produk afiliasi. Blog, email, dan website tadi tentu bisa bekerja secara otomatis (24 jam sehari) tanpa perlu campur tangan Anda.
  3. Cocok untuk pendatang baru di bisnis online. Salah satu keunggulan pemasaran afiliasi adalah pendatang baru juga bisa ikut serta dalam kegiatan bisnis online ini. Kendati demikian, sama seperti bisnis lainnya, ada teknik dan pengetahuan yang harus dipelajari oleh mereka yang ingin berhasil dalam bisnis online afiliasi. Adapun teknik tersebut misalnya : teknik memasarkan produk, teknik menulis penawaran produk, bagaimana cara promosi yang menarik, dan lain sebagainya.

Jika Anda tertarik mencoba memulai bisnis online afiliasi, berikut langkah-langkahnya.

1. Langkah Pertama : Menentukan Bidang Afiliasi Anda

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah Anda harus menentukan bidang afiliasi Anda. Pikirkan, nantinya Anda ingin memasarkan produk-produk apa saja, produk-produk di bidang apa saja. Apakah di bidang kesehatan, di bidang marketing, di bidang gaya hidup atau lainnya.

Sebagai informasi, produk afiliasi terbagi menjadi dua kelompok besar. Dua kelompok tersebut adalah :

  • Produk afiliasi digital. Contoh produk afiliasi digital biasanya berupa ebook, video, aplikasi, software ataupun keanggotaan di sebuah situs (membership).
  • Produk afiliasi fisik. Produk fisik adalah produk-produk yang dapat disentuh dan berwujud nyata. Contoh produk fisik misalnya : sepatu, tas, baju, aksesoris, makanan, dan lain sebagainya.

Dari dua jenis produk di atas, produk-produk digital menawarkan komisi yang lebih besar dibanding produk fisik. Mengapa?

Belajar Iklan Di Facebook 300x250Karena produk digital biasanya harganya di atas produk fisik. Tak hanya itu, persentase komisi yang diberikan oleh vendor produk digital juga besar. Persentase komisi produk digital berkisar mulai dari 25 % – 75 %. Cukup besar, kan?

Salah satu yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam menentukan bidang afiliasi adalah passion atau hobi Anda. Ambil contoh, Anda memiliki passion di bidang marketing. Nah, Anda dapat menjadi pemasar afiliasi untuk produk-produk yang berkaitan dengan bidang marketing. Contoh produk afiliasi yang berkaitan dengan bidang marketing misalnya produk dari BelajarIklandiFacebook.com. BelajarIklandiFacebook.com menyediakan produk berupa panduan lengkap video pembelajaran Facebook Ads (periklanan Facebook).

Langkah pertama : tentukan bidang afiliasi Anda.

2. Bergabung di Situs Penyedia Layanan Afiliasi

Langkah kedua adalah Anda perlu bergabung di situs yang menyediakan layanan afiliasi. Misalkan, Anda sudah menentukan di bidang afiliasi apa Anda akan berkarya. Nah, selanjutnya Anda tinggal bergabung di situs penyedia layanan afiliasi.

Ada banyak situs yang menyediakan layanan afiliasi di internet. Kalau di Indonesia, contoh situs yang menyediakan layanan afiliasi misalnya : Ratakan.com.

 

Tampilan halaman depan situs Ratakan.com
Tampilan halaman depan situs Ratakan.com

Produk-produk yang tersedia di situs Ratakan.com adalah produk-produk digital.

Selain Ratakan.com, di Indonesia juga dikenal situs YukBisnis.com.

3. Tentukan Media Promosi yang Akan Anda Gunakan

Setelah Anda bergabung di situs penyedia layanan afiliasi, Anda akan mendapatkan akses untuk produk-produk afiliasi yang akan Anda pasarkan. Anda juga akan mendapatkan fasilitas untuk mempromosikan produk afiliasi. Fasilitas yang diberikan biasanya berupa link afiliasi dan banner promosi.

contoh fasiitas promosi berupa banner afiliasi di Ratakan.com
contoh fasilitas promosi berupa banner afiliasi di Ratakan.com

Nah, setelah Anda mendapatkan akses ke fasilitas promosi, silakan Anda tentukan media promosi apa yang akan Anda gunakan untuk memasarkan produk afiliasi.

Ada beragam media promosi yang tersedia, bisa dengan menggunakan iklan, bisa dengan menggunakan blog, bisa dengan memakai Facebook, dan lain sebagainya. Anda harus tahu media promosi apa yang paling tepat untuk memasarkan produk afiliasi Anda. Setiap media promosi punya karakteristik masing-masing.

4. Promosikan Produk Afiliasi Anda

Setelah Anda memutuskan dan menentukan media promosi apa yang akan Anda gunakan, maka langkah berikutnya Anda bisa segera memasarkan produk afiliasi tersebut. Segera mulailah berpromosi untuk mengetahui efektivitas pemasaran yang Anda lakukan.

Langkah terbaik untuk segera meraih sukses dalam bisnis adalah dengan segera PRAKTIK. Yang penting Anda mulai dulu.

Nah seiring berjalan waktu, sambil jalan, evaluasi setiap langkah pemasaran yang sudah Anda lakukan. Selalu lakukan evaluasi sudah efektifkah Anda cara pemasaran yang Anda gunakan.

Rekomendasi Panduan Belajar Pemasaran Afiliasi

Jika Anda ingin belajar pemasaran afiliasi secara lebih mendalam, Anda dapat belajar di beberapa situs berikut ini.

  • BelajarIklandiFacebook.com.  Situs ini menyediakan panduan lengkap untuk belajar Facebook marketing (pemasaran di Facebook). Dengan mempelajari Facebook marketing Anda bisa tahu bagaimana cara pemasaran produk afiliasi yang tepat di Facebook.
  • YoutubeDomination. Situs ini menyediakan panduan lengkap untuk memasarkan produk melalui Youtube. Bagi Anda yang ingin belajar memasarkan produk lewat Youtube (termasuk produk afiliasi), Anda dapat belajar lewat panduan yang ada di situs ini.
  • PanduanListBuilding. Situs ini menyediakan panduan lengkap untuk belajar pemasaran melalui email. Jika misalkan Anda ingin belajar bagaimana cara memasarkan produk afiliasi lewat email, maka Anda bisa belajar di situs ini.

Baik, sekian dulu pembahasan tentang cara memulai bisnis online afiliasi ini. Semoga bermanfaat dan jika Anda ingin berkonsultasi seputar bisnis online/internet marketing, Anda dapat menghubungi kami lewat kontak berikut.

 

lead ke halaman gabung newsletter

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

One thought on “Inilah Cara Memulai Bisnis Online Afiliasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *